Pasar Kebon Empring Piyungan Bantul Tawarkan Wisata Keluarga Murah

Senin Pon, 28 Januari 2019 10:36 WIB ∼ 229

Foto Berita

     Pasar Kebon Emprig menghadirkan paduan antara kuliner dan wisata alam.Wisata yang terletak di Bintaran Wetan, Srimulyo, PiyunganBantul tersebut juga menyuguhkan wisata keluarga yang bisa dibilang murah.Di Pasar Kebon Empring pengunjung dapat menikmati berbagai macam kuliner yang disediakan dan juga bisa bermain air di sungai.

     Menariknya saat menyantap kuliner, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan dari rimbunnya kebun bambu dan gemercik suara air di sungai.Pengunjung juga dapat bermain permainan tradisional yang disediakan seperti egrang, bakiak, ayunan, jungkat-jungkit dan lain-lain.

    Untuk memasuki Pasar Kebon Empring, pengunjung tidak dipungut biaya.Selain itu tarif parkir di wisata tersebut pun bersifat sukarela.Harga makanan yang ditawarkan juga cukup murah yaitu berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp 10.000.

    Dilansir Tribunjogja.com melalui akun Facebook Kota Jogja makanan yang ditawarkan seperti soto dan es jeruk dibanderol Rp 10.000, sego wiwit dibanderol Rp 2.500 dan es cendol taper ketan dibanderol Rp 5.000.Salah satu Pengelola Pasar Kebon Empring mengatakan, tempat tersebut mulai dibuat di awal Bulan Puasa sekitar pertengahan Mei lalu.

      Menurut dia, Pasar Kebon Empring sebenarnya adalah proyek alternatif setelah ide pertama untuk mengembangkan wisata Bintaran Wetan sulit terealisasi.“Awalnya kita mau buat rumah landak, lorong macan, tanaman dan perpustakaan hutan di Bukit Berlian di samping sungai. Tapi tidak ada biaya. Waktu itu musim hujan, sulit terealisasi. Lalu kita beralih membuat tempat wisata yang murah tapi tetap bisa dinikmati masyarakat,” kata Titik.

     Walhasil, lahan kosong di pinggir Kali Gawe yang sebelumnya hanya kebun kosong penuh dahan bambu kering disulap menjadi tempat yang bersih, sejuk dan nyaman.Konsep besarnya adalah pasar tradisional yang menjadi tempat transaksi jual beli dengan fokus menjual kuliner tradisional.

      Nuansa tradisional ini, menurut Titik benar-benar dijaga, meskipun dari kanan-kiri banyak yang meminta tempat tersebut diberi sentuhan warna-warni.Juga tawaran pengadaan fasilitas mandi bola dari pihak ketiga ditolak oleh Titik karena menyimpang dari konsep tradisional yang diusung.

     “Kami ingin tempat ini layaknya nama Kebon Empring, kebon ya seperti kebun yang tidak ada fasilitas modern tapi bersih dan nyaman. Makanan dan minuman yang dijual juga mayoritas bernuansa tradisional. Penjualnya juga hanya warga sekitar Bintaran Wetan saja,” kata Titik. 

 

 

 

 

Sumber : TRIBUNJOGJA.COM



 

 


Puskesmas
di Kecamatan Piyungan

Puskesmas Piyungan

Puskesmas Piyungan

Jalan wonosari km 12, Piyungan, Bantul
(0274) 453218

Komando Rayon Militer Piyungan

Koramil / Komando Rayon Militer Piyungan

Srimartani, Piyungan, Bantul

Kepolisian Sektor Piyungan

Polsek / Kepolisian Sektor Piyungan

Jl. Wonosari Km14 Piyungan, Bantul
(0274) 522942

Kantor Urusan Agama Piyungan

KUA / Kantor Urusan Agama Piyungan

Srimartani, Piyungan, Bantul
(0274) 7112517