Bersama Bregodo Joyo Kartiko dari Kalurahan Srimartani, Kapanewon Piyungan Ramaikan Kirab Bregodo hari Jadi Bantul ke 192

Terik matahari yang mulai menyengat meskipun masih pagi tidak menyurutkan semangat pasukan bregodo dari Kapaneown Piyungan mengikuti pawai Kirab Bregodo dalam rangka memperingati Hari Jadi kabupten Bantul ke-192 (23/07/2023). Tahun ini Kapanewon Piyungan menggandeng kalurahan Srimartani dengan mengeluarkan Pasukan Bregodo Joyo Kartiko dari Padukuhan Wanujoyo Kidul.

 

Kurang lebih 200 peserta pasukan bregodo Kapanewon Piyungan berpawai secara ritmis mengikuti pukulan gamelan bregodo. Dikomandoi oleh manggoloyudo Panewu anom, pasukan kirab diawali dari barisan jajaran pegawai Kapanewon Piyungan, Lurah dan pamong Kalurahan, lembaga serta organisasi kalurahan. Dilanjutkan dengan prajurit lombok abang, pasukan bregodo muda-mudi bersama jathilan dan iringan musik nan membahana.

 

 

Tidak kalah meriahnya dengan diaraknya gunungan hasil bumi bersama jodang, bregodo ibu-ibu serta iringan drumband kolaborasi musik tradisional sembari mengenalkan potensi-potensi daerah dari Padukuhan Wanujoyo Kidul.

 

 

Pasukan Bregodo Joyo Kartiko dalam kirab kali ini mengusung tema kebersamaan. Kebersamaan ini tercermin dari kebersamaan pasukan antara pemerintah kapanewon, forkompimkap, kalurahan beserta masyarakatnya, orang tua dengan muda mudinya, serta kebersamaan antara agama dan keragaman budaya. 

 

 

Sejalan dengan tema hari jadi Kabupaten Bantul yang mengakat kebersamaan, lingkungan, dan keharmonisan, pasukan bregodo juga mengampanyekan tentang perlindungan anak dan perempuan , stunting ,dan kepedulian terhadap sampah.

 

Seluruh peserta kirab berjalan dari Lapangan Trirenggo menuju Lapangan Paseban Bantul bersama pasukan kirab bregodo dari kapanewon lain. Kembali membuat kejutan, sampai di depan podium kehormatan yang di tonton oleh para pejabat Kabupaten Bantul, pasukan bregodo kapanewon Piyungan menampilkan kesenian apik berupa tetarian yang mengandung tema berupa upaya menjaga keharmonisan dan keseimbangan alam dan manusia dari angkara murka.

 

Segenap jajaran Forkopimkap Kapanewon Piyungan beserta seluruh warga masyarakat Piyungan mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Bantul ke-192
Nyawiji Mbangun Nagari, Resik Lingkungane, Sehat lan Makmur Wargane!!