Sah! Penyaluran Bansos PENA Telah Dilaksanakan

Sabtu (23/02/2024) telah dilaksanakan penyaluran bantuan sosial program PENA (Pahlawan Ekonomi Nusantara) di Kantor Pos Piyungan. Didampingi oleh PKH Kapanewon Piyungan, penerima manfaat bansos ini di Kapanewon Piyungan berjumlah satu orang yang diterima oleh Bapak Marozi, dusun Petir, Kalurahan Srimartani. Bantuan berupa uang tunai sebesar 4.998.000 ini nantinya dipergunakan untuk pengembangan usaha ternak ikan lele yang dikelolanya.

 

Program PENA (Pahlawan Ekonomi Nusantara) merupakan program dari Kementerian Sosial dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat penerima bantuan sosial agar dapat mengembangkan kewirausahaan dengan memberikan bantuan usaha. Program PENA menawarkan dukungan penguatan usaha serta penguatan produksi.

 

 

Adanya Program PENA diharapkan menjadi salah satu alternatif menuju graduasi/ lulus dari bansos sebab dengan modal stimulan yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat dapat menjadi pemicu usaha bertumbuh bahkan bisa memperluas jangkauan pemasarannya, karena Program PENA di berikan kepada mereka penerima aktif bansos yang usianya masih produktif (20-40 tahun) sehingga diharapkan mereka masih memiliki semangat untuk bertumbuh secara ekonomi dan menjadi sejahtera, untuk jenis usahanya sangat beragam seperti bidang jasa, perdagangan, pertanian, perkebunan, peternakan, kuliner dan lain sebagainya. (TR)

 

 

Dokumentasi : Arsip Kapanewon Piyungan

Tambahan Informasi : disarikan dari berbagai sumber