Diminta Warga Jangan Lengah di Musim Penghujan, PSN Bersama Kembali Dilaksanakan

Jum’at, 18 Februari 2022 kembali dilaksanakan pemantauan sarang nyamuk oleh tim PSN Kapanewon Piyungan. Kegiatan yang dilakukan bersama Forkopimkap, pamong kalurahan, kepala dukuh, pendamping PKH, TKPK, TKSK, UPK PNPM, PLKB, pendamping desa, kader, dan segenap staf Kapanewon Piyungan ini menyasar tiga dusun di tiga kelurahan sekaligus yaitu dusun Plesedan Srimulyo, Dusun Pagergunung II Sitimulyo, dan Dusun Sanansari Srimartani.

 

“Bulan ini curah hujan sedang tinggi, sangat mudah untuk menimbulkan genangan-genangan air di lingkungan pekarangan rumah", Kata Penyuluh dari Puskesmas yang memberikan arahan dikala briefing di aula Kapanewon Piyungan kepada tim sebelum berangkat ke lokasi. Oleh sebab itu, untuk PSN nanti fokus untuk mengecek di lingkungan sekitar rumah warga sembari mengingatkan untuk tidak lengah melaksanakan 3 M+ secara rutin karena perkembangan nyamuk dari telur hingga menjadi nyamuk cukup singkat, yaitu 8 – 14 hari . 

 

Berdasarkan hasil PSN yang telah dilaksanakan, ABJ (Angka Bebas Jentik) dusun Plesedan sebesar 85%, ABJ dusun Pagergunung II sebesar 89%, dan ABJ dusun Sanansari sebesar 87,7%. Hasil tersebut menunjukkan terdapat peningkatan nilai ABJ dari kegiatan PSN yang telah di selenggarakan sebelumnya. Meskipun demikian masih belum memenuhi standar yaitu 95% . Oleh sebab itu dalam kesempatan tersebut, petugas dari Puskesmas mengimbau kepada pihak Kalurahan dan kader untuk dapat mengajak serta mengingatkan warga agar giat melaksanakan 3M+ terutama di kala musim penghujan seperti saat ini.