DLH Sosialisasikan Pengelolaan Bank Sampah di Padukuhan Karangploso Sitimulyo, Langsung Praktik Lur

Berlangsung pendopo pertemuan padukuhan Karangploso Sitimulyo, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul bersama kader mensosialisasaikan Praktik Pengelolaan Sampah dan Praktik Langsung Managerial Administrasi kepada pengurus Pengelolaan Sampah Mandiri (PSM) di padukuhan Karangploso (07/03/2023). Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala dusun Karangploso, Fasilitator DLH, Ketua bank sampah Karangploso, dan segenap pengurus pengelolaan sampah mandiri (Bank sampah/ Shodaqoh sampah) Se kalurahan Sitimulyo.

 

 

Kegiatan ini dilaksanakan berangkat dari curhatan para pengurus dusun pengelolaan sampah mandiri atas beberapa permasalahan yang dihadapi selama merintis pengelolaan sampah mandiri yaitu terkait pengelolaan dan administrasi bank sampah. 

 

 

Oleh sebab itu, dilakukan sosialisasi mengenai tata cara pengelolaan bank sampah yang baik dan benar dengan menghadirkan narasumber dari DLH dan pengelola bank sampah yang telah berjalan dengan baik. Tidak hanya berhenti di situ, kegiatan dilanjutkan dengan praktik langsung pelaksanaan bank sampah dimulai dari mengenali jenis sampah laku jual, pemilahan sampah dari nasabah, hingga pada proses pengadministrasian pembukuan bank sampah.

 

Selain sesi tanya jawab dan praktik pengelolaan bank sampah, narasumber juga memaparkan tentang program “BANTUL BERSAMA” (Bantul Bersih Sampah 2025). Bantul Bersama merupakan program yang digadang oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dalam upaya kepedulian pemerintah terhadap sampah, pola hidup sehat, dan gaya hidup ramah lingkungan.  Program Bantul bersama mengajak setiap elemen masyarakat untuk mulai peduli dengan sampahnya dengan melakukan pengelolaan sampah mulai dari rumah. Program ini telah di launching pada tahun 2021 oleh Bupati Bantul yang dihadiri oleh Panewu dan Lurah se-Kabupaten Bantul.