Kampung Aksara Pacabitha, Payak, Sukses gelar TOT Aksara Jawa

Rabu, 09 Februari 2022, telah dilaksanakan acara Training Of Trainer (ToT) Aksara Jawa di Kampung Aksara Pacabitha, Payak Cilik, Srimulyo. Hadir  dalam acara tersebut Ka. Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Panewu Kapanewon piyungan, Lurah, tokoh masyarakat, serta peserta ToT.

 

Berkesempatan memberikan sambutan, Panewu Piyungan mengapresiasi dengan terlaksananya kegiatan tersebut. Sebagai upaya nguri-uri budaya jawi kegiatan tersebut juga sebagai upaya mengenalkan penuturan bahasa dan aksara Jawa kepada generasi penerus.

 

Bapak Sukadi, selaku ketua Komunitas Pacabitha mengemukakan ToT ini dilaksanakan dengan metode ngapak. Metode ini memudahkan peserta menghafalkan aksara Jawa secara mudah. Kegiatan yang dilangsungkan kurang lebih dua jam ini dibimbing langsung oleh penanggung jawab sanggar Aksara Jawa, Bapak Ahmad Fikri.

"Kami selaku Dinas Kebudayaan mendukung adanya kegiatan ini", ungkap Bapak Eko Nugroho S.Sos, MM, selaku Kepala DInas Kebudayaan yang juga berkesempatan memerikan sambutan. Beliau mengemukakan bahwa Dinas Kebudayaan Bantul juga terus berupaya mengajak anak-anak muda sekarang untuk gemar mempelajari Aksara Jawa. Dengan demikian Aksara Jawa tidak lekas punah dan luntur digerus era globalisasi. 

 

Diharapkan dengan adanya ToT ini, peserta dapat lebih paham dalam mengenal, membaca, hingga menuliskan aksara Jawa. Selain itu dapat ikut menyebarkan dengan mengenalkan cara membaca Aksara Jawa kepada pihak lain.