Kapanewon Piyungan Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023

Selasa, 15 Februari 2022, Kapanewon Piyungan sukses menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD Tahun 2023. Berlangsung di pendopo Kapanewon Piyungan, kegiatan yang terselenggara setiap tahun ini dihadiri oleh  Perwakilan Pemerintah Kabupaten Bantul yaitu staf ahli Bupati, Anggota DPRD, Forkopimkap Kapanewon Piyungan, Perwakilan Ormas yang ada di Kapanewon Piyungan, serta segenap tamu undangan.

 

Diawali oleh sambutan sekaligus membuka acara dari Panewu Piyungan, Bapak Anton Yulianto, AP. MIP, Musrenbang yang mengangkat tema “Pemantapan Kondisi Sosial Ekonomi didukung oleh SDM dan Infrastruktur Berkualitas resmi diselenggarakan.

 

Dalam pemaparan materi Musrenbang yang dibawakan oleh Panewu Anom, Ibu Afif Umahatun, SH , dijabarkan akan usulan prioritas PIK beserta pagu yang telah disepakati dengan mengacu pada Program Prioritas tahun 2023. Usulan tersebut berasal dari usulan kalurahan se-kapanewon Piyungan yaitu Kalurahan Sitimulyo, Srimulyo, Srimartani, serta usulan dari para pemangku kepentingan yang ikut dalam rapat.

 

Panewu Piyungan berharap dengan terselenggaranya Musrenbang Kapanewon Piyungan Tahun 2023 ini dapat menjadi jalan menjawab permasalahan yang ada di dalam masyarakat. Dengan demikian, dapat disusun rencana kerja yang dapat mendorong pembangunan secara tepat sasaran bagi masyarakat Kapanewon Piyungan.

 

Musrenbang adalah kependekan dari Musyawarah Rencana Pembangunan. Arti dari musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. Pelaksanaan musrenbang umumnya dilakukan bersama semua pemangku kepentingan. 

Tujuan dilaksanakan musrenbang ini dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi kalurahan agar teridentifikasi dengan baik. Selain itu, untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah daerah.