Kapanewon Piyungan Peringati HKB 2024 dengan Apel dan Simulasi Bencana

Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), FPRB Kapanewon Piyungan pada tanggal 5 Mei 2024 menggelar apel siaga dan beberapa simulasi evakuasi bencana meliputi evakuasi gempa di sekolah, evakuasi korban laka lantas, evakuasi korban yang jatuh dari tebing, dan peragaan pemadaman kebakaran. Kegiatan ini sebagai bentuk peningkatan kapasitas dalam menghadapi ancaman bencana.

 

Selaku pemimpin apel, dalam amanatnya Panewu Piyungan, Muhammad Baried, S.Sos MM mengemukakan pentingnya mitigasi bencana, yang berguna untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari sebuah bencana, sebagai landasan (pedoman) untuk perencanaan pembangunan, dan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak/risiko bencana. Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris BPBD Kabupaten Bantul, Ketua FPRB Kabupaten Bantul, Forkompinkap Piyungan, Lurah, FPRB, RAPI, PMI, Damkar, Tagana, Banser, Kokam, dan siswa SD

Dalam kegiatan ini juga dilangsungkan penyerahan award untuk 3 relawan sigap Kapanewon Piyungan. Para penerima award yaitu Kapolsek Piyungan, AKP Amir Machmud, S.I.Kom, Wakil dari Suara Piyungan, dan relawan dari Kalurahan Srimulyo, yaitu Bapak Suko.

Selamat kepada masing-masing penerima award, Semoga menginsiprasi rekan-rekan yang lain