Kapanewon Piyungan Selenggarakan Upacara Penegakan Kedaulatan Negara

Rabu tanggal 1 Maret 2023, Pemerintah Kapanewon Piyungan menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara di halaman Kantor Kapanewon Piyungan. Tanggal 1 Maret diperingati sebagai hari penegakan kedaulatan negara untuk mengenang peristiwa yang sangat bersejarah bagi Indonesia, yaitu dilangsungkanya Serangan Umum pada tanggal 1 Maret 1949 di Yogyakarta. Serangan ini bertujuan untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI dan bangsa Indonesia masih ada dan masih cukup kuat, sehingga dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB pada masa itu.  

 

 

Bertindak sebagai Inspketur Upacara, Danramil Piyungan, Kapten Cba Supriyono. Bertindak sebagai Perwira Upacara Peltu Tarmin, sebagai ajudan Sertu Israel, dan sebagai Komandan Upacara Serka Gunadi. Petugas pembaca UUD 1945 dan Keputusan Presiden No 2 Tahun 2022 dari PKH dan Pendamping DLH Kapanewon Piyungan. Pengibaran bendera dilaksanakan oleh anggota Polsek Piyungan.

 

 

Upacara terpaksa dibubarkan sebelum rangkaian upacara selesai dikarenakan hujan deras yang tidak memungkinkan untuk diteruskanya upacara tersebut. Akan tetapi sebelum upacara dibubarkan, semua peserta upacara mengikuti upacara dengan khidmat.