Kapanewon Piyungan Terus Berbenah Memberikan Pelayanan yang Lebih Ramah Anak, Perempuan, dan Difabel

Dalam rangka mendukung salah satu misi Bupati Bantul yaitu mewujudkan Kabupaten Bantul menuju kabupaten layak anak, ramah perempuan, dan difabel, untuk itu Kapanewon Piyungan terus berbenah dalam memberikan pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, terutama pelayanan yang lebih ramah anak, ramah perempuan, dan difabel. Untuk itu, dilakukan peningkatan dan penyempurnaan pelayanan pelayanan di kapanewon Piyungan, adapun upaya-upaya tersebut tersebut di antaranya.

Menambah Pojok Baca Anak

 

Kapanewon Piyungan menambah layanan dengan menghadirkan Pojok Baca khusus bagi anak dengan koleksi buku-buku anak. Hadirnya pojok baca ini berupaya mendukung salah satu pemenuhan hak anak yaitu hak mendapatkan pendidikan. Melalui Pojok baca anak ini diharapkan dapat memberikan ruang belajar kepada anak secara santai dan menyenangkan melalui buku-buku edukatif yang dapat dibaca di tempat. 

Memperbanyak Area Bebas Asap Tokok

 

Kapanewon Piyungan meningkatkan memperbanyak area bebas asap rokok di kantor Kapanewon Piyungan melalui penambahan papan-papan imbauan. Diharapkan masyarakat yang berkunjung ke kapanewon melihat papan tersebut dan menghormati aturan untuk tidak merokok sembarangan. Area bebas asap rokok penting bagi anak dalam rangka memberikan lingkungan yang sehat demi pemenuhan hak yaitu hak mendapatkan kesehatan. Guna mendukung tujuan tersebut di kapanewon Piyungan telah disediakan tempat khusus merokok.

Menambah Ruang Laktasi

 

Kapanewon Piyungan juga telah menghadirkan bilik laktasi khusus bagi warga yang berkunjung di Kapanewon tatkala ingin memberikan ASI kepada bayinya secara privasi, aman, dan nyaman. Diharapkan melalui kehadiran bilik laktasi ini memudahkan bagi ibu untuk memberikan ASI kepada anaknya tanpa tertunda. 

Mengoptimalkan Lingkungan Kapanewon Ramah Disabilitas

 

Setiap orang berhak untuk mendapatkan pelayanan di Kapanewon Piyungan salah satunya warga disabilitas. Untuk itu, Kapanewon Piyungan juga telah menghadirkan kantor yang ramah terhadap disabilitas. Salah satunya aksesibilitas menuju pelayanan telah dibuat sedemikan rupa sehingga memudahkan bagi warga yang memakai kursi roda atau alat bantu jalan lainnya tatakala berkunjung  ke bagian pelayanan umum.

 

Mengoptimalkan Tempat Bermain Anak

Tempat bermain anak terletak di bagian pelayanan umum. Hadirnya tempat ini sebagai upaya mewujudkan salah satu hak anak yaitu hak untuk bermain. Dilengkapi permainan edukatif, diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi anak selama diajak berkunjung ke ke Kapanewon Piyungan oleh orang tuanya. 

 

Apa yang dicapai saat ini merupakan bagian dari pijakan langkah untuk berbenah dalam memerikan pelayanan yang lebih baik lagi. Mari bersama mendukung terwujudnya Kapanewon Kabupaten Bantul menjadi kabupaten yang ramah anak , ramah perempuan, dan difabel.