Kontingen dari Kapanewon Piyungan turut Berpartisipasi dalam Festival Karawitan 2023

Bunyi-bunyian gamelan yang mengalun riuh rendah mengalun di Pendopo  Pemda II  Bantul pada Selasa (23/5/2023) tidak lain menandakan bahwa Festival Karawitan telah dimulai. Kegiatan kebudayaan yang mengangkat seni karawitan ini digelar oleh Dinas Kebudayaan Bantul dalam rangka menjaga kelestarian kesenian tradisional ini di Kabupaten Bantul.

 

Kepala Dinas Kebudayaan bantul memberikan sambutan

sumber gambar: @pemkabbantul (IG)

 

Diikuti oleh kontingen dari semua kapanewon Se Kabupaten Bantul, Festival Karawitan antar kapanewon ini menampilkan kecakapan para penabuh gamelan dan sinden dalam membawakan tetembangan. Tidak hanya sekedar tampil, dalam setiap penambilan akan ada dewan juri yang melakukan penilaian. Bagi kontingen yang berhasil merebut hati para dewan juri dalam membawakan gamelan dan tembang nantinya akan mendapatkan hadiah menarik.

 

Bapak Joko Purnomo memberikan sambutan sekaligus membuka pelaksanaan festival

sumber gambar: @pemkabbantul (IG)

 

Wakil Bupati Bantul Bapak Joko Purnomo yang ikut hadir menyaksikan dan membuka pelaksanaan Festival ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam festival. Beliau berharap dengan adanya festival ini dapat mematik lagi semangat kelompok karawitan di tiap kapanewon untuk terus berkarya. Diharapkan juga kedepannya muncul bibit-bibit baru yang meneruskan kesenian ini.

 

Kontingen tim Karawitan dari Kapanewon Piyungan

 

Kapanewon Piyungan sendiri turut berpartisipasi dengan menurunkan kontingennya. Panewu Kapanewon Piyungan, Bapak Muhammad Baried mengucapkan terima kasih kepada segenap tim karawitan yang mewakili Kapenewon Piyungan maju dalam Festival. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memicu semangat kepada pelaku seni karawitan untuk terus berkarya. 

 

Simak penampilan tim Karawitan Kapanewon Piyungan video berikut.