Kontingen Piyungan turut Ramaikan Festival Teknologi Tepat Guna 2023

Bertempat di Pendopo Manggala Parasamya Pemda II Komplek Perkantoran Manding telah dilaksanakan Gelar Teknologi Tepat Guna Kabupaten Bantul 2023 (22/05/2023). Diikuti oleh OPD-OPD dan kontingan dari kapanewon, gelar Teknologi Tepat Guna ini menampilkan sederet inovasi-inovasi tepat guna yang layak untuk diapresiasi dan bermanfaat.

 

Dari Kapanewon Piyungan mengirimkan kontingen dari Karangayam Kalurahan Sitimulyo. Yaitu Bapak Sutrisno dengan alat Pembangkit Listrik Tenaga Angin (Recicle Modifications). Teknologi pembangkit listrik tenaga angin ini merupakan pengembangan teknologi yang  menggunakan bahan mudah didapat, murah, aman dan tingkat pemakaiannya mudah.

 

Didasari atas keinginan membantu petani mengelola lahan pertanian, keinginan menekan pengeluaran biaya penyemprotan lahan pertanian menggunakan diesel yang cukup menguras biaya, dan  keinginan menggunakan teknologi dalam pertanian,  Pak Sutrisno mencetuskan inovasi ini.

 

 

Pembangkit listrik tenaga angin memang sudah ada, meskipun demikian, untuk pengadaan teknologi ini terbilang mahal. Untuk itu, dengan mengadopsi system kerja dari alat yang sudah ada dengan dimodifikasi menggunkan bahan baku yang terjangkau yaitu menggunakan bahan daur ulang yang sudah tidak terpakai (recyle). Dengan demikian diharapkan nilai produksi murah dan mampu dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. 

 

Bukan hanya itu, pembuatan teknologi pembangkit listrik tenaga angin dengan bahan daur ulang dengan sistem recyle mendukung program pemerintah kabupaten Bantul yaitu Bantul Bersih Sampah tahun 2025. Besar harapan salah satu bentuk teknologi tepat guna ini dapat diketahui, diadaptasi dan diterapkan oleh para petani di Kabupaten Bantul.