Masuk Musim Kemarau, Warga Diminta untuk Pantau Penampungan Air agar Tidak menjadi Tempat Bertelur Nyamuk

Jum’at, 02 September 2022, tim PSN Kapanewon Piyungan kembali melaksanakan kegiatan pemantauan sarang nyamuk. Kegiatan rutin ini diikuti oleh Forkopimkap, pamong kalurahan, kepala dukuh, pendamping PKH, TKPK, TKSK, UPK PNPM, PLKB, pendamping desa, kader, dan segenap staf Kapanewon Piyungan. 

 

 

Kegiatan PSN kali ini fokus di tiga dusun yaitu dusun Pos Piyungan Srimartani, Dusun Madugondo Srimulyo, dan Dusun Payak Wetan Sitimulyo. Memasuki musim kemarau, di satu sisi semakin jarang ditemukan genangan air yang dapat menjadi tempat bertelur nyamuk. Meskipun demikian, di sisi lain tempat penampungan air berpotensi besar menjadi sasaran nyamuk untuk berkembang biak. Oleh sebab itu, warga diimbau untuk perhatikan tampungan air. Penerapan 3M+ terutama menutup tempa tempat air sangat berguna di masa seperti ini.

 

 

Berdasarkan hasil PSN yang telah dilaksanakan, ABJ (Angka Bebas Jentik) dusun Pos Piyungan sebesar 89,94%, ABJ dusun Madugondo sebesar 91,9%, dan ABJ dusun Payak Wetan sebesar 89,94%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat ABJ dari ketiga dusun mulai mendekati angka ABJ yang disarankan yaitu 95%. Berdasarkan hasil pantauan tim PSN, masih belum terpenuhinya angka standar ABJ di beberapa dusun didominasi oleh temuan jentik di penampungan air seperti di tempayan, kamar mandi, atau selokan di sekitar rumah. Oleh sebab itu dalam kesempatan tersebut, tim PSN memberikan imbauan kepada warga untuk rutin melaksanakan 3M+ terutama di tepat penampungan air.