Memasuki Musim Pancaroba PSN Kembali Dilaksanakan

Jum’at, 13 Mei 2022 kembali dilaksanakan pemantauan sarang nyamuk oleh tim PSN Kapanewon Piyungan. Kegiatan yang dilakukan bersama Forkopimkap, pamong kalurahan, kapala dukuh, pendamping PKH, TKPK, TKSK, UPK PNPM, PLKB, pendamping desa, kader, dan segenap staf Kapanewon Piyungan ini menyasar tiga dusun di tiga kelurahan sekaligus yaitu dusun Ngelosari Srimulyo, Dusun Banyakan 1 Sitimulyo, dan Dusun Bulusari Srimartani.

 

 

Sebelum berangkat kelokasi dilakukan briefing di Kanewon Piyungan, "Saat ini sudah mencapai 30 kasus DBD yang tercatat oleh Puskesmas Piyungan, oleh sebab itu, meski sudah memasuki akhir musim penghujan masyarakat tidak boleh lengah terhadap kasus DBD ini. Kata Penyuluh dari Puskesmas dalam briefing. Berkesempatan juga memberikan brifeing, Panewu Piyungan, Bapak Muhammad Baried, S.Sos, MM mengharapkan kepada tim yang berangkat ke lokasi untuk mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya melakukan pencegahan dini dengan PSN secara mandiri. 

 

 

Berdasarkan hasil PSN yang telah dilaksanakan, ABJ (Angka Bebas Jentik) dusun Banyakan 1 sebesar 83,3%, ABJ dusun Ngelosari sebesar 81%, dan ABJ dusun Bulusari sebesar 86,2%. Hasil tersebut menunjukkan terdapat peningkatan nilai ABJ dari kegiatan PSN yang telah diselenggarakan sebelumnya. Meskipun demikian masih belum memenuhi standar yaitu 95% . Oleh sebab itu dalam kesempatan tersebut, petugas dari Puskemas mengimbau kepada pihak Kalurahan dan kader untuk dapat mengajak serta mengingatkan warga agar giat melaksanakan 3M+ secara mandiri.