Pembentukan Forum Anak Tingkat Kapanewon Piyungan

Rabu, 24 Agustus 2022 telah dilaksanakan kegiatan  pembekalan dan pembentukan forum anak tingkat Kapanewon Piyungan. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan peserta didik dari tingkat SMP, SMA, SMK , atau yang sederajat se Kapanewon Piyungan. Dibuka oleh sambutan dari Kepala Jawatan Sosial, Bapak Sumarsono SE, diucapkan terima kasih atas partisipasi peserta didik dalam kegiatan ini. Turut hadir pula dari Dinas DP3AP2KB, Ibu Afif Umahatun SH selaku kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak yang menyambut baik atas inisiatif Kapanewon Piyungan membentuk forum anak ini. 

 

 

Guna memberikan gambaran tentang forum anak dihadirkan narasumber dari Forum Anak Bantul (FONABA) yaitu saudari Tanaya Sindhu dan Adevira Ayuna yang memaparkan materi tentang forum anak serta membagikan pengalamannya selama aktif dalam forum anak. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembentukan struktur kepengurusan forum anak Kapanewon Piyungan untuk periode 2022 - 2024.

 

 

Pembentukan forum anak ini dilakukan sebagai upaya menjembatani kepentingan anak-anak dan pemerintah selaku orang dewasa. Forum anak merupakan wadah  atau media pemenuhan hak partisipasi anak dalam menyuarakan aspirasinya. Sehingga diharapkan hak-anak dapat tersuarakan dan didengar untuk menjadi pertimbangan para stakeholder dalam membuat kebijakan dan program pembangunan ke depannya.

 

 

Kapanewon Piyungan mengucapkan terima kasih kepada peserta didik yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Tak lupa Kapanewon Piyungan mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah yang mengizinkan dan kepada guru yang bersedia mengantarkan peserta didiknya untuk mengikuti kegiatan ini. Semoga dengan terbentuknya forum anak ini dapa menjadi wadah bagi anak di Kapanewon Piyungan untuk berkreasi, berorganisasi, dan berpartisipasi dalam pembangunan.