Sah!! Taman Toga Ngupoyo Sehat Sudah Resmi Nih Lur

Rabu, 19 Januari 2021, Panewu Piyungan bapak Anton Yulianto, SIP, MIP bersama Ibu ketua TP PKK Kabupaten Bantul  Ibu Hj. Emi Masruroh Abdul Halim Muslih telah meresemikan Taman Toga yang bertempat di Padukuhan Ngelosari Srimulyo. Dalam kegiatan tersebut disaksikan dan dihadiri pula oleh forkopimkap Piyungan, lurah dan perangkat Kalurahan Srimulyo, TP PKK Srimulyo, dan perwakilan Diskominfo Bantul.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, Hj. Emi Masruroh Abdul Halim Muslih turut memberikan apresiasi bagi kader kesehatan dan warga Ngelosari. “Mudah mudahan adanya taman ini, tidak hanya jadi sebuah icon saja, tapi betul-betul menjadi pusat pengembangan tanaman toga di Kalurahan Srimulyo yang meluas sampai di seluruh Kapanewon Piyungan”, pungkasnya.

 

Panewu Piyungan turut pula memberikan apresiasi serta ucapkan selamat atas resminya Taman Toga Ngupoyo sehat, beliau berharap dengan hadirnya taman toga tersebut dapat mengedukasi masyarakat tentang ragam tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan.

 

Program penanaman tanaman obat keluarga (Toga) di dukuh Ngelosari sudah dirintis sejak tahun 2015 oleh Kader-kader Kesehatan di Padukuhan Ngelosari. Berawal dari progam one product, one padukuhan di tingkat Kalurahan Srimulyo, Padukan Ngelosari memantapkan arahnya untuk menjadi dusun sehat melalui program pembudidayaan tanaman toga.

 

 Tidak hanya itu saja, Padukuhan Ngelosari juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dana Keistimewaan untuk mengembangkan kegiatan produksi minuman kesehatan tradisional dari hasil panen toga.

 

Sampai saat ini, sudah ada empat jenis produk minuman Kesehatan tradisional yang dihasilkan oleh kader Kesehatan di Padukuhan Ngelosari yakni, Jamu Kunyit Asem, Beras Kencur, Sereh Jeruk Nipis (Seruni), dan Jahe Merah. Produk minuman Kesehatan tradisional dari Padukuhan Ngelosari banyak dipesan untuk acara-acara oleh kalurahan, puskesmas, dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah.

 

Yuk mampir ke taman Toga Ngelosari lur..