Selamat, Kini Dukuh Mandungan Memiliki Kelompok Ternak Kambing

Jum`at, 28 Januari 2021, telah dilaksanakan acara pembentukan kelompok kambing di Trukan Poitan RT 05, Dukuh Mandungan, Srimartani. Hadir dalam acara tersebut Panewu Piyungan, Bapak Anton Yulianto A.P M.I.P, BPP Piyungan, Pamong kelurahan Srimartani, Dukuh Mandungan, dan kelompok ternak kambing Trukan Poitan, Mandungan.

 

Dalam sambutannya, Panewu mengucapkan selamat atas terbentuknya kelompok ternak kambing yang bernama Trimanunggal ini. Besar harapan dengan adanya kelompok ternak ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama kelompok peternak kambing di Dukuh Mandungan.

 

Kelompok ternak kambing Trimanunggal ini nantinya beranggotakan sebanyak 20 orang yang akan mendirikan kandang ternak di atas tanah pribadi dengan sistem sewa. Pengelolaan ternak kambing akan dipantau baik dari pamong kelurahan  maupun pengurus kelompok. Selain itu, kelompok ternak kambing Trimanunggal ini akan menerapkan proses fermentasi dalam pengolahan kotoran ternak sehingga tidak mencemari lingkungan serta dapat dimanfaatkan kembali sebagai pupuk organik.

 

Adanya pembentukan kelompok ternak ini bertujuan   untuk memperkuat kerja sama, baik di antara sesama peternak dalam kelompok dan antar kelompok maupun dengan pihak lain, sehingga diharapkan usaha tani lebih efisien dan mampu menghadapi ancaman, tantangan, hambatan, serta lebih menguntungkan.

 

Diharapkan kelompok ternak Trimanunggal dapat segera teregister dan tercatat resmi di pemerintah Kabupaten Bantul, sehingga memudahkan dalam berkoordinasi dengan puskeswan, dinas, maupun pemerintah daerah kabupaten Bantul berkaitan dalam mengajukan atau mendapatkan bantuan seperti pelatihan dan peningkatan kapasitas petani dari pemerintah.