Semangat Giat PSN di Awal Tahun Baru

Mengawali kegiatan di tahun 2022, Kapanewon Piyungan melaksanakan kegiatan Pemantauan Sarang Nyamuk perdana (07/01/2021). Kegiatan yang dilakukan bersama Forkompimkap, pamong kalurahan, kapala dukuh, pendamping PKH, TKPK, TKSK, UPK PNPM, PLKB, pendamping desa, kader, dan segenap staf Kapanewon Piyungan ini menyasar tiga dusun di tiga kelurahan sekaligus yaitu dusun  Duwet Gentong Srimulyo, Babadan Sitimulyo, dan Wanujoyo Kidul Srimartani.

 

Sebelum menuju ke lokasi, terlebih dahulu dilaksanakan briefing di aula Kapanewon Piyungan untuk diberikan pembekalan terkait tata cara melakukan kegiatan PSN. Dalam pembekalan tersebut, Kepala Puskesmas Piyungan, Ibu Seta Nurhayati Mularum M.Sc menjelaskan bahwa di musim penghujan seperti saat ini sangat mudah ditemukan genangan-genangan air di sekitar lingkungan. Terkadang warga abai akan hal ini. Meski penampungan air di rumah bersih dari jentik tetapi jika pekarangan tidak diperhatikan dapat pula menjadi tempat bertelur nyamuk. Oleh sebab itu, diharap nanti tiap kelompok yang melakukan kegiatan PSN untuk juga memberikan imbauan kepada warga untuk melaksanakan 3M +.

 

Benar juga, bahwa berdasarkan hasil PSN di tiga dusun, masih ditemukan beberapa rumah yang pekarangannya terdapat jentik-jentik nyamuk. Untuk itu, warga segera imbau dan diberikan arahan untuk rutin melaksanakan 3M +.

 

PSN merupakan kegiatan bulanan yang dilakukan kepanewon bersama forkompimkap berupa pemantauan dan mberantasan sarang nyamuk di lingkungan warga. Kegiatan dilakukan dengan datang ke rumah warga sesuai sampling untuk di cek tampungan airnya.