Tingkatkan Kesadaran Warga Melaksanakan 3M+, Tim Kapanewon Kembali Lakukan PSN

Masih di masa musim penghujan, mudah sekali timbul genangan-genangan air di lingkungan sekitar warga. Genangan yang timbul pasca hujan ini sering luput dari perhatian warga, sehingga menjadi sasaran empuk nyamuk untuk bersarang dan bertelur.

 

Berdasarkan penuturan dari Kepala Puskesmas Piyungan dalam koordinasi PSN di Kapanewon Piyungan (2/12/2022), Bahwa terjadi kenaikan penderita DBD di Kapanewon Piyungan, total sudah mencapai 78 orang penderita DBD. Angka ini akan dapat terus bertambah apabila masyarakat enggan peduli terhadap lingkungannya masing-masing.

 

 

Guna kembali mengingatkan warga, tim PSN Kapanewon Piyungan kembali melaksanakan kegiatan pemantauan sarang nyamuk. Kegiatan rutin ini diikuti oleh Forkompimkap, pamong kalurahan, kepala dukuh, pendamping PKH, TKPK, TKSK, UPK BUMKALMA, PLKB, pendamping desa, kader, dan segenap staf Kapanewon Piyungan. 

 

Kegiatan PSN kali ini fokus di tiga dusun yaitu dusun GTS Mandungan Srimartani, Dusun Bintaran Wetan Srimulyo, dan Dusun Karanggayam Sitimulyo.  Berdasarkan hasil PSN masih dijumpai jentik-jentik nyamuk di lingkungan sekitar warga terutama di pot, ember, atau sampah yang dapat menampung air dan luput dari pantauan masyarakat.

 

Oleh karena itu, dilakukan sosialisasi kepada warga agar rutin melakukan 3M+ dan pengecekan terutama di lingkungan sekitar rumah sendiri terhadap tempat-tempat yang dapat menimbulkan genangan air. Kepedulian terhadap lingkungan sendiri dapat membantu menghindari munculnya kasus DBD, menjaga kesehatan keluarga serta masyarakat di sekitar.